• Twitter

19 Februari 2018

HARI PERTAMA STRIPPING

Hari ini, apa aku perlu memberi apresiasi pada diriku sendiri? YA TENTU SAJA!

Beberapa waktu lalu, seorang anak lelaki bertanya padaku, “Ada pencapaian apa yg belum dicapai?” dan refelks aku menjawab, “Kerja stripping, hehe”, karena jujur sejak tahun 2013, pertama kali aku akhirnya memutuskan untuk mengambil jurusan penulisan scenario. Sebut saja namanya Aldi, seorang senior yang membangkitkan semangatku dengan mengatakan, “Udah, kamu skenario aja. Setelah lulus nulis stripping aja, ini aja macbook ku beli dari gajiku dua minggu, eh gak sampe deh, sepuluh hari doang”. Ehm, tanpa pikir panjang entah mengapa aku langsung mengubah haluan yang tadinya ingin menjadi sutradara atau editor, malah aku bertekad “Oke, skenario aja, fix!”. Jujur, ada sedikit beban ketika aku lulus di tahun 2016. Hal pertama yang terlintas di benakku selepas setelah mas Arda mengatakan bahwa aku LULUS di tanggal 26 Februari ketika yudisium. “Be, mau kerja di mana?”,
yah banyak sekali lulusan sarjana yang kemudian menjadi pengangguran di luar sana. Malam harinya aku memandangi kedua orang tuaku, sejujurnya aku melihat kalimat besar disana, “KAMU ADALAH HARAPAN KAMI”. Sangat ingin menangis rasanya!
Beberapa kali, papa selalu bilang ke klien-kliennya, “Iya ini anak saya dapet beasiswa selama sarjana di IKJ, lulus cepet lagi cuma 7 semester”, mereka pun menjawab, “Wah hebat ya!”, rasanya aku ingin teriak pada diriku sendiri, “BE! SADAR! KAMU ADALAH HARAPAN MEREKA”, tapi sejujurnya ada rasa ingin marah ke papa, ngapain sih bilang-bilang. Ditambah lagi, mama yang kadang juga bilang ke teman-temannya, “Bella kemarin ke Jepang gratis selama sepuluh hari, ada pertukaran mahasiswa”, ini lagi, ngapain dah cerita-cerita.

Senang akhirnya bisa kerja di sebuah PH di daerah Tebet, tapi mendengar gajinya yang hanya UMR, ngilu rasanya. Batinku menguatkan, “Gpp Be, gak ada yang instant di dunia ini. Jalani aja dulu. Namanya juga fresh graduate” akhirnya aku menjalani hari-hariku di PH itu. Boleh jujur? Rasanya otakku benar-benar diperas, udah kayak jemuran cuy, diperes biar cepet kering kali! Tapi duit? ya segitu-gitu aja. Lelah bos! Aku mencoba untuk tetap kuat. Seenggaknya sampai ijazahku keluar. Tapi kemudian aku berpikir, udah punya ijazah juga belum tentu bisa dapet kerjaan yang layak. Ah sudahlah, bukan waktu yang tepat untuk membicarakan soal layak atau tidak layak. Setidaknya di PH ini aku belajar banyak. BANYAAKKK sekali! Bukan hanya soal bagaimana menulis scenario program TV, tapi juga bagaimana attitude itu LEBIH PENTING dari apa pun juga. Yaa! Mungkin orang bakal bilang, percuma pinter kalu attitude nya bobrok! Oh no! Saya pernah mendengar itu, dan untungnya itu bukan ditujukan untuk saya. Setahun berlalu, entah mengapa saya mulai bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja. Akhirnya saya mencari kerja sambilan, kerjaan yang masih bisa saya lakukan sambil kerja kantoran kayak gini. And finally, I get it! Saya mengenal seseorang bernama Angel. Yah, dia layaknya Angel dalam hidup saya, setidaknya pada saat itu. Karena akhirnya saya kembali ke dunia film. Saya menjadi seorang publicist film layar lebar. Yaa, saya melakukan negosiasi dengan produser, siapa lagi yang ngajari saya kalau bukan Angel ini? Di satu sisi saya merasa beruntung. Tapi di satu sisi, saya merasa. OH GOD. TOLONG KELUARKAN SAYA DARI SEMUA INI. Kerja kantoran bosen, kerja jadi publicist susah! Gak ngerti lagi harus gimana. Boleh nangis gak? Tentu saja boleh. Akhir tahun 2017 sepanjang bulan September, kayaknya gak ada hari tanpa mengeluh dan pengen nangis. Akhirya SAYA MEMUTUSKAN UNTUK… ENOUGH! CUKUP! UDAH YA! SELESAI YA! SAYA LELAH!
Dan selanjutnya apa yang terjadi pada saya? Ya, saya pengangguran.

Bulan September akhirnya saya memutuskan untuk menghabiskan uang saya untuk TRAVELING. Saya kemana? Ke Singapore bookkk, gak tanggung-tanggung, abis berapa juta? Engga tau lagi deh. Saking pengennya saya keluar dari semua ini. Tapi ada satu hal yang terlewatkan. Jadi ceritanya sebelum saya ke Singapore, saya mampir ke kampus, setelah sekian lama gak pernah ke sana. Dan alhasil? Saya ditawari menjadi seorang asisten dosen. Boleh jujur? Rasanya kaget setengah mati. HAH? SEORANG BELLA JADI ASDOS? Ya Allah, ini dunia masih baik-baik aja kan ya? Semoga…
Nah, jadinya setelah saya melepas predikat karyawan tim kreatif, saya pergi tuh. Ke Singapore, sama dua orang temen saya. Bagaimana rasanya? SUMPAH SENENG BANGET DEMI APA PUN JUGA! Banyak kejutan yang saya dapatkan. Kejutan yang mungkin gak akan saya dapatkan dari mana pun. Apakah itu? Pertama, saya bangga bisa pergi traveling pake duit sendiri, pake uang yang saya kumpulkan dan dari jerih payah saya sendiri. Kedua, saya bertemu dan ngobrol sama bule selama tiga hari, karena saya tidur dalam satu ruangan yang berisi sekitar sepuluh orang dan mereka semua menggunakan bahasa yang beraneka. Rasanya malam hari sebelum tidur, saya senyum-senyum sendiri di kasur, sembari mengatakan dalam hati, “Terima kasih Tuhan, alhamdulillah”. Ketiga. saya makan babi, plis deh itu bukan sesuatu yang seharusnya dibanggakan sih. Tapi, tapi, tapi itu pengalaman yang gak akan terlupakan loh, suer! Rasanya ngelakuin sesuatu yang di luar kemampuan kita di negeri orang, rasanya SUNGGUH LUAR BIASA. Keempat, apa ya? Berangkat bareng temen, pulang sendirian. Rasanya? Takut tapi seneng. Yaa, saya balik ke Jakarta sendirian tanpa kedua teman saya. But, everything is okay! Kelima, apa lagi ya? Udah deh itu aja. Yang special Cuma itu, haha.

Akhirnya tibalah saya di Jakarta, lagi. Dan menjadi seorang asdos. Mau tau rasanya? Ya Allah bahagianya bukan main. Sepertinya Tuhan sedang memberikan saya kebahagiaan bertubi-tubi, saya bersyukur sekali. Bertemu dengan banyak anak yang baru lulus SMA, dan saya berbagi ilmu dan pengalaman ke mereka. Seusai kelas pertama di hari itu, saya senyum-senyum sendiri. Saya ceritakan bagaimana rasanya ke sahabat terbaik saya, siapakah dia? Namanya Gill, instgramnya @gillharyo haha, apasih Be -_-
Dan akhirnya saya menjalani rutinitas saya sebagai Asdos selama beberapa bulan. Kalo ngomongin soal gaji? ehmm, ya gimana ya, dibilang kurang sih iya, tapi setidaknya cukup lah, buat hidup di Jakarta tanpa minta duit orang tua.

Oh iya, jadi bulan November saya liburan lagi, ke Bogor. (yaelah Be, Bogor doang -_- yaudah sih, yang penting kan jalan), sebenarnya kalo dibilang liburan ga bener sih, karena disana lebih tepatnya kerja, hehe, tapi tetep aja, intinya jalan.

Dan bulan Desember, saya pulang, ke Surabaya. Dan lagi, lagi, saya bilang ini sebagai liburan. Enak kan hidup gue setelah resign dari kantor, malah jalan-jalan mulu. Bahagia ga tuuuhh ^^

Lanjut, bulan Januari. Lagi, lagi, saya bilang ini sebagai liburan, saya ke Jogja. Bisa dibilang ini juga kerja sih, tapi liburan juga. Saya bersama dengan 40 anak mahasiswa yang baru lulus semester 1,  menghabiskan waktu enam hari bersama mereka sungguh sungguh sangat MENYENANGKAN SUMPAH. Lelah? Iya. Tapi melihat semangat mereka saya pun jadi ikut semangat.

Ehm, btw kan awalnya tadi Cuma pengen cerita tentang kerjaan ya, kok jadi ngomongin liburan? Yaudahlah yaaa, jalani aja, nulis mah bebas mau ngomong A trus ke Z yaudah, lanjutkan saja.

Oke, jadi sepulang dari Jogja, saya benar-benar pengangguran tuh. Belum tau semester depan bakal ngasdos lagi atau gak. Dan daripada saya galau, dan saya masih punya sisa uang, saya memutuskan untuk, LIBURAN LAGI. Kemana? Saya memutuskan untuk melihat alam, yap, aku liburan ke pulau seribu.

Awal Februari, saya menulis seperti ini di Instagram saya, @bellabungas, follow ya ;)

“pengalaman yang tak pernah terlupakan, 2 bulan ini
jalan mulu isinya, nyobain hampir seluruh
transportasi. pesawat, kereta, bis dan kapal…
bertemu banyak orang dan bergaul bersama
warga setempat. nyobain makanan khas masing2
daerah, dari yang suka banget sampe pengen
muntah, dari yang rasanya hambar mampus
sampe yang enaknya kebangetan, dari yang bikin
laper sampe kenyang Alhamdulillah…

TERINGAT KATA SESEORANG,
BELAJAR PALING MENYENANGKAN
ADALAH MENGAMATI :) “

Udah, sampe situ aja, intinya SAYA SENANG MELAKUKAN TRAVELING.

Lanjuuttt, Akhirnya bulan ini saya mendapat kepastian bahwa saya ngasdos lagi, jadi saya akan ke kampus setiap hari Selasa sore. Oke, fine! I’m happy
Dan hal lain yang membuat saya happy adalah… Tepat tanggal 17 Februari, satu minggu sebelum hari H (Hari H apa nih? Buat yang tau aja, hari H nya hari apaan, haha). Yah, tanggal 17 saya mendapat panggilan dari seseorang yang sangat saya harapkan kehadirannya. Bukan pacar, bukan. Lalu apa kah?

Panggilan kerjaan untuk stripping. Mau tau rasanya? SENENG PAKE BANGET. Ingatan saya lalu mundur beberapa tahun lalu ketika ada yang mengatakan, “Udah, kamu skenario aja. Setelah lulus nulis stripping aja, ini aja macbook ku beli dari gajiku dua minggu, eh gak sampe deh, sepuluh hari doang”. Yap, isi otak saya akhirnya hanya ”Be, Iphone di depan mata. Be, Macbook di depan mata. Be…” Udah hanya itu! Lebay sih. Iya emang -_-

Sampai akhirnya saya menjawab, “Oke sih mbak, jadi gimana gimana” dan percakapan pun berjalan sewajarnya, kalimat yang membuat saya begitu bahagia adalah “Oke, jadi per tanggal 18  ya?” Kamu tau apa yang terjadi pada diri saya? Saya kegirangan, bahagianya kelewatan, sampe-sampe mata saya berkaca-kaca, dan tangan saya mengepal kuat sembari berkata dalam hati, “YEESSS! YEESSSS!”

Dan akhirnya tanggal 18 Februari saya kerja menulis hal yang menjadi impian saya. Susah? Ya susah, tapi seneng. Kayaknya lebih banyak hal lain yang lebih susah, adalah ketika kita kerja tapi gak bikin seneng! Kita kerja tapi malah ngeluh tiap hari. Itu namanya nyari mati.

Bagaimana rasanya kerja hari pertama di stripping? Lelah, karena harus menulis (kalau tadi sih nulis sekitar 3500 kata, ditambah tulisan curhatan ini 1500 kata, yaaa total 5000 kata lebih lah yaaa), tapi entah energi dari mana, rasanya semua selesai dengan cepat dan terasa mudah. Padahal yaa, saya mah apa atuh, saya tuh gak pinter, saya biasa aja. Tapi kalau kata temen saya, PUNYA IJAZAH TAPI KALAU GAK PUNYA MINAT DAN NIAT JUGA BUAT APA?

Oke, jadi kembali ke pertanyaan di awal,
“Hari ini, apa aku perlu memberi apresiasi pada diriku sendiri? YA TENTU SAJA!”
Apakah itu? Entahlah, aku belum mendapat jawabannya :)
Tapi yang jelas, hal pertama dan paling utama ingin saya lakukan adalah, mengucap Alhamdulillah, teruntuk Tuhanku, ALLAH, Terima kasih untuk seluruh rangkaian kehidupan yang membahagiakan ini. Terima kasih untuk semuanya. Terima kasih ya, ALLAH ^^

note!
Stripping yang saya maksud itu adalah kerja nulis sinetron ya, yang bayarannya per episode, so, yaaa, begitulah kenapa saya bilang Macbook di depan mata.

0 Komentar:

Posting Komentar