• Twitter

1 Juni 2011

Karya Sastra

Siapa sich yang tak mengenal kata itu?
G’ mungkinlah kita g’ kenal dengan “dia”, alias karya sastra…..

Seperti halnya saya,,yang saat ini sedang menggilai karya sastra, saya sangat menyukai KARYA SASTRA.
Kenapa begitu????

Karena di dalam karya sastra itu terdapat berbagai macam keunikan,,kita lihat saja pada realitas sekarang ini, banyak sekali karya sastra baru yang bermunculan,, misalnya CERPEN sekarang tak hanya 1 buah cerpen saja yang dapat kita baca, sekarang sudah zamannya “KUMPULAN CERPEN-CERPEN”,sehingga dengan adanya kumpulan cerpen tersebut,kita dapat menambah wawasan baru. Tapi tunggu dulu, membaca cerpen bukanlah hal yang menyia-nyiakan, Banyak orang yang beranggapan“Buat apa baca begituan,g’ ada gunanya?Buang-buang waktu saja”, tapi aku yakin orang yang berkata seperti itu hanya merugikan dirinya sendiri, padahal yang seperti kita tahu bahwa membaca merupakan suatu hal yang menyenangkan dan menguntungkan bukan? Apalagi kita adalah seorang PELAJAR yang haus akan pengetahuan baru,nah dengan membaca juga kita akan mendapat pengetahuan-pengetahuan baru.

Kembali ke membaca cerpen,dalam pelajaran Bahasa Indonesia seringkali terdapat bab tentang membaca cerpen, disinilah letak keuntungan kita membaca kumpulan cerpen, yaitu (seperti pengalaman saya di kelas ),setiap siswa diwajibkan membawa satu buah cerpen, Untuk apa? Untuk dicari unsure intrinsic dan Ektrinsiknya (sudah tahu kan apa itu unsur intrinsik dan ektrinsik??),nah bahwa dengan cerpen kita juga dapat pelajaran baru bukan??????

Eits,tak hanya CERPEN lho…..
Karya sastra lain, PUISI misalnya, membaca PUISI pun juga tak merugikan kita, malah membawa keuntungan untuk kita,wah banyak sekali pengalaman yang telah saya alami karena saya banyak mempelajari PUISI, mulai dari lomba, test, sekolah dan lain sebagainya, banyak deh pokoknya………
Di dalam suatu PUISI itu sebenarnya bukan hanya suatu kumpulan-kumpulan kata yang di rangkai dan indah saja. Tapi, jika kita membaca puisi dan menghayatinya, disitulah letak keindahan tersendiri,di dalam puisi memiliki gaya bahasa yang benar-benar indih, dan juga memiliki makna yang sulit diungkap dengan kata-kata. Begitu luar biasa jika kita sudah berhadapan dengan karya sastra yang satu ini.

Waw, ketika anda mencoba untuk mendalami dan mempelajari KARYA SATRA, satu kata yang akan anda ungkap pertama kali “WOW”,jangankan mempelajari,mendengar saja orang yang sedang membaca puisi dengan penghayatan, anda akan tersenyum, sembari berkata “WOW”. Saya juga mengalami hal yang sama, ketika pertama kali saya melihat guru SD saya membaca puisi,satu kata yang ada dalam pikiran saya “WOW”, maksudnys wow adalah “WAW,SUNGGUH INDAH SEKALI”

Namun,saya heran dengan Re-Generasi sekarang ini,banyak sekali orang yang tidak menyukai KARYA SASTRA,,padahal pada realita-realita yang ada saja kita dapat menambah wawasan dengan adanya Karya sastra itu. Dan banyak juga keuntungan-keuntungan yang kita dapat dengan mempelajari Karya sastra bukan?

Harapan saya ke depannya, KARYA SASTRA dapat terus berkembang dan maju demi untuk mensukseskan para generasi penerus bangsa,dan dapat menjadi kesukaan semua orang.

2 Komentar:

Napi mengatakan...

Sip de. teruskan!

Unknown mengatakan...

Terima kasih maz .. :)

Posting Komentar